jump to navigation

Albert Einstein dan PenemuanNya Januari 21, 2012

Posted by imsfly in all, facebook, pengetahuan, profil ilmuan dunia, Sejarah.
Tags:
trackback


Albert Einstein dan Penemuan-Nya

Kebanyakan orang berpikir bahwa Albert Einstein mendapat Nobel terkenal itu bekerja pada teori relativitas. Tapi dia benar-benar mendapat penghargaan untuk penemuan hukum efek listrik foto.

Penemuan Einstein

Einstein mendapat Nobel untuk fisika pada tahun 1921. Efek foto listrik adalah sebuah fenomena di mana logam memancarkan elektron dari permukaan mereka ketika cahaya bersinar atas mereka. Einstein menjelaskan fenomena ini sebagai berikut:

- Cahaya terdiri dari partikel kecil yang disebut foton. Mereka membawa energi sebanding dengan frekuensi cahaya. – Ketika cahaya bersinar pada logam, elektron menyerap energi dari foton dan mereka ditolak karena perbedaan energi. Hal ini menyebabkan aliran elektron.

Penemuan Einstein yang dipimpin untuk memahami bahwa cahaya berperilaku baik sebagai partikel dan gelombang.

Aplikasi

Penemuan efek foto listrik menyebabkan sel pembangunan surya, sekarang berguna sebagai alternatif sumber energi bagi kita. Demikian pula dioda foto adalah aplikasi lain, yang menemukan penggunaan yang luas dalam deteksi cahaya di bidang serat optik, telekomunikasi dan bidang lainnya.

Dunia tahun fisika

1905 mewakili tahun yang sangat penting dalam fisika dengan empat publikasi terobosan oleh Albert Einstein selama tahun itu.

Keempat publikasi adalah:

1) tentang efek foto listrik

2) gerak Brown

3) teori relativitas khusus

4) Massa terkenal dan persamaan energi E = mc2

Publikasi ini terutama teori relativitas khusus benar-benar mengubah jalannya fisika selama tahun kemudian. Massa dan persamaan energi memimpin untuk pengembangan bom atom serta tenaga nuklir konstruktif. Menyoroti pentingnya tahun 1905 sebagai tonggak penting dalam Fisika, tahun 2005 adalah diakui sebagai tahun dunia fisika pada kesempatan peringatan 100 tahun publikasi Einstein.

Kemudian tahun

Dalam tahun kemudian, Einstein juga menambahkan “teori relativitas umum ‘publikasi lain dan bekerja pada bidang teori bersatu nya. Teori relativitas umum tidak diterima oleh banyak pada saat ia diterbitkan pada tahun 1915. Konsep dan perhitungan di balik teori ini cukup kompleks dan tidak dipahami oleh banyak orang. Dia menyarankan bahwa perhitungan nya dapat diverifikasi selama gerhana matahari. Setelah beberapa tahun, selama gerhana, pengamatan tercatat yang terbukti teorinya benar. Hal ini membuatnya bahkan lebih terkenal.

Persamaan energi massa Einstein digunakan untuk mengembangkan bom atom. Einstein tidak terlibat dalam pembuatan bom. Dia berbicara menentang perang dan terus menggunakan teknologi untuk perdamaian sampai kematiannya pada tahun 1955.

About these ads

Komentar»

1. Fandhes evolution - Januari 21, 2012

mantapz

2. Fandhes evolution - Januari 21, 2012

Reblogged this on Fandhes Evolution and commented:
mantap

3. Atae Surya - Januari 21, 2012

Kunjungan balik…

manteep,,penemu yang sangat terkenal :)

salam hangat..

imsfly - Januari 22, 2012

salam kenal yah gan…..

4. yisha - Januari 22, 2012

wah, tentang albert..
post keren nih…

imsfly - Januari 22, 2012

albert einstein , bro….. ilmuan dunia

5. SITI FATIMAH AHMAD - Januari 22, 2012

Albert memang saintis yang menginspirasikan dari semangat dan ketekunannya.
Semoga sukses selalu.

imsfly - Januari 22, 2012

itu my idol…… hehhe

6. Gusti 'ajo' Ramli - Januari 22, 2012

saat ceramah jumaat, ada khatib yang bilang sesungguhnya malam itu tidak ada, yang ada ketiadaan cahaya.. ungkapan tersebut merupakan salah satu penemuan enstein.. dan kemudian filosofi tersebut ditarik dalam kehidupan beragama…

imsfly - Januari 23, 2012

berarti einstein pernah buka al-Qur’an dong…?

7. elfarizi - Januari 22, 2012

Selama ini, saya cuma kagum karena kepintarannya tanpa banyak tahu apa yang udah dikerjain tuh orang hahaha *kurang asem ya gw*
Tapi, pas baca lagi, baru bisa ngomong … ooooo … ini yaa penemuannya *sambil geleng-geleng*

Malam :D

imsfly - Januari 23, 2012

ia gan, emang tu orang jenius bgt, tp dulnuya ia seperto orang idiot (katanya)

8. bensdoing - Januari 22, 2012

disetiap masa selalu saja ada orang2 yg dilahirkan dengan otak yang jenius spt Einstein ini….

imsfly - Januari 23, 2012

ia itukan udah takdir mas bro :)

9. susu segar - Januari 23, 2012

super sekali….. tu tandanya ternyata gak da orang bodo di dunia ini, masing2 orang punya kelebihan yang berbeda.. salam kenal . . . .

imsfly - Januari 23, 2012

yang penting kita berusaha semaksimal mungkin pasti bisa ! majada wajada ….

10. Asop - Januari 23, 2012

Kalo dilihat-lihat, rambut dan bentuk kepala Pak Einstein ini unik ya, punya ciri khas… :mrgreen:

imsfly - Januari 23, 2012

ia, botang kebanyakan mikir kali yah….

11. djakarta182 - Januari 23, 2012

kirain albert halim, host acara the hits,, heheh :) :D :?:

imsfly - Januari 23, 2012

hahahha, ada2 aja :)

12. raden ikhwan - Januari 23, 2012

satu hal yang saya kagumi dari om einstien selain teori2nya yang mendasari penemuan2 baru, adalah kerendahan hati dan tidak sombong atas apa2 yang dimilikinya.

imsfly - Januari 23, 2012

ia bang, katanya ia jga hanya membutuhkan 1 sel otak untung membuat teori barunya,,,, itu juga menurut buku tang pernah aku baca gan….

13. dinneno - Januari 23, 2012

Aku pernah baca kalau hukum E=mc2 itu sebenarnya salah, namun karena dunia sudah mengakuinya mau tidak mau masih tetap digunakan sampai sekarang.

imsfly - Januari 23, 2012

ia memang mas bro :)

14. syahru Al Banjari - Januari 24, 2012

cahaya dan nilai kecepatannya sebenarnya sudah ditulis dalam al Quran 14 abad yg lalu (QS. 32:5).. berdasarkn itu Ilmuan muslim Ibnu Al Haitam adalah org pertamakali menggagas konsep tentang Optik, cahaya, dan bayangan..
dan nilai kecepatan cahaya itu baru terungkap berabad2 kemudian secara sain setelah om Einstein menemukan teorinya..
Hebat.. !

imsfly - Januari 24, 2012

berati al-qur’an segalanya yahh…..

15. Dhenok Habibie - Januari 24, 2012

yang saya paham dari einstein hanya fotonya saja sob.. apalagi kalo search di google, lucu2 fotonya kakek einstein.. hehe :D

imsfly - Januari 24, 2012

ia sih, kepalanya botak atas, kebanyakan mikir kali….

16. Ely Meyer - Januari 24, 2012

kerendahan hati dan tidak sombong, beberapa ciri yg sering aku temui pad aorang orang sini

imsfly - Januari 24, 2012

betul banget sob !

17. Chita - Januari 24, 2012

menarik banget yah melihat sejarahnya Albert Einstein secara pribadi. Dulu aku sempet baca biografi singkatnya dan karna baca post ini jadi inget lagi. :)

imsfly - Januari 24, 2012

ia, aku jga sangat mengidolakan teori2nya, apalagi fotonya yang botak, hahhaha

18. Mila - Januari 24, 2012

semoga ada einstein einstein berikutnya,,,,,,

imsfly - Januari 24, 2012

semoga aja yahh mba :)

19. Si Galau - Januari 24, 2012

saya salah seorang yg sangat berterimkasih kepada einsten atas smua usahanya karena dy kita bisa menikmati perdaban seperti saat ini :3

imsfly - Januari 25, 2012

ia, tp ia juga sebagai perantara dari allah, ya kan….

20. Gandi R. Fauzi - Januari 25, 2012

Meskipun saya sangat tidak mengerti Fisika, tapi saya mengagumi Einstein, :-D

imsfly - Januari 25, 2012

oh, sip deh gan,,,,

21. astitirahayu - Januari 25, 2012

manTaapp kaQ,,, asTy juGaa,, saLuuudhh m einsTein,,
keyennn.,. :)

imsfly - Januari 25, 2012

einstein emang the bast deh…..

astitirahayu - Januari 26, 2012

the best kaQ,, hehehee :D

imsfly - Januari 26, 2012

ia,,, bener banget

22. Inge - Januari 28, 2012

Jadi ingat masa2x sekolah dulu dan juga praktikum fisikanya :D

Fisika adalah satu ilmu yg selalu menarik dan membuat kagum :)

imsfly - Januari 28, 2012

hahha, ia juga tp aku paling benci fisika, tp aku suka biologi

23. kaiser777 - Januari 28, 2012

tokoh yang menarik :)

imsfly - Januari 28, 2012

pasti dong,

24. Racoonmaccon - Februari 11, 2012

seandainya gue sepintar einsten..
pasti ga kebayang deh.. hahaha

imsfly - Februari 12, 2012

pastinya buat penemuan sendiri dong, :lol:

25. rezaslash - Februari 12, 2012

Salah satu penemu favorit saya nih…
Abang Einstein… :)

imsfly - Februari 12, 2012

sama gan,

26. Ilham - Februari 18, 2012

ini tokoh idola sepupu saya nih. sama2 “jenius otak-kiri”.bedanya sepupu saya belum terkenal. :razz:

imsfly - Februari 18, 2012

ia, gan. semoga aja bisa menjadi terkenal seperti abang einstein yah…. salam kenal juga :)

27. ajikinai - Maret 7, 2012

kunjungan balik pertama

28. Jefry - April 15, 2012

Seseorang yang laur biasa mengembangkan ilmu pengetahuan menjadi seperti saat ini


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 95 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: