jump to navigation

Tomy Winata Siapkan Rp 9 Triliun untuk Gedung Tertinggi ke-5 Dunia Januari 11, 2012

Posted by imsfly in all, pengetahuan, Sejarah, unik.
trackback



Signature Tower (Foto: Arcdaily)

Jumat, 06/01/2012 15:05 WIB
Jakarta – Pengusaha Tomy Winata memastikan akan membangun salah satu gedung tertinggi di dunia yang diberi nama Signature Tower di kawasan SCBD. Gedung yang digadang-gadang menjadi gedung tertinggi ke-5 dunia ini akan memakan biaya US$ 1 miliar atau setara Rp 9 triliun.

“Total biaya US$ 1 billion di luar biaya bunga dan tanah,” kata Tomy Winata kepada detikFinance, Jumat (6/1/2012).

Berdasarkan sumber Arch Daily, tinggi Signature Tower akan mencapai 638 meter sebelum 2020.
Sementara itu sumber www.scbd.com, tercatat gedung yang atapnya mirip nanas ini akan memiliki tingginya 111 lantai ini berada di tengah kawasan SCBD. Gedung ini akan menjadi salah satu bangunan mixed-use berkelas dunia menjadi gedung tertinggi masa yang akan datang di Indonesia.

Gedung itu akan dibangun di lot 6 kawasan SCBD yang kini menjadi tempat automall, butik ponsel dan millenia. Kawasan ini merupakan dikembangkan oleh PT Danayasa Arthatama Tbk

Berdasarkan laporan tahunan 2010, tercatat pemegang saham PT Danayasa Arthatama Tbk, kepemilikan saham Tomy Winata di perusahaan ini hanya 0,001%, kemudian publik 17,58% dan pemegang mayoritas adalah PT Jakarta International Hotels & Development (JIHD) Tbk sebesar 82,4%.

Sementara itu kepemilikan saham Tomy Winata berdasarkan laporan keuangan Maret 2011 di JIHD sebesar 15,87%, Sugianto Kusuma 9,76%, Santoso Gunara 0,40%, pemegang saham Indonesia, masing-masing dibawah 5% dengan total kepemilikan saham 53,32% dan pemegang saham asing dengan masing-masing persentase kurang dari 5% dengan total 20,65%.

PT Danayasa Arthatama Tbk bergerak dalam bidang pembangunan perumahan (real estat), perkantoran, pertokoan dan pusat niaga beserta fasilitasnya penyewaan bangunan-bangunan niaga ,kantor, pertokoan beserta fasilitasnya, penyediaan sarana dan prasarana, pelaksanaan pembangunan, pengusahaan, dan pengembangan kawasan niaga terpadu dan lainnya.

Rencananya, gedung tersebut akan masuk dalam daftar 20 menara tertinggi di 2020. Berikut daftarnya:

Kingdom Tower, Jeddah dengan tinggi 1.000 meter.
Burj Khalifa, Dubai dengan tinggi 828 meter
Ping An Finance Center, Shenzhen dengan tinggi 660 meter
Seoul Light DMC Tower dengan tinggi 640 meter
Signature Tower Jakarta dengan tinggi 638 meter
Shanghai Tower dengan tinggi 632 meter
Wuhan Greenland Center dengan tinggi 606 meter
Makkah Royal Clock Tower Hotel dengan tinggi 601 meter
Goldin Finance, Tianjin dengan tinggi 597 meter
Lotte World Tower, Seoul dengan tinggi 555 meter
Doha Convention Center and Tower dengan tinggi 551 meter
One World Trade Center, New York dengan tinggi 541 meter
Chow Tau Fook Guangzhou dengan tinggi 530 meter
Chow Tai Fook Binhai Center dengan tinggi 530 meter
Dalian Greenland Center dengan tinggi 518 meter
Pentominimum, Dubai dengan tinggi 516 meter
Busan Lotte Town Tower dengan tinggi 510 meter
Taipei 101 dengan tinggi 508 meter
Kaisa Feng Long Centre dengan tinggi 500 meter
Shanghai WFC dengan tinggi 492 meter.

Sebagai catatan, di Jakarta juga sudah lama ada rencana pembangunan Proyek Menara Jakarta di Kemayoran setinggi 558 meter. Sementara itu BUMN Adhi Karya juga berencana membangun gedung setinggi 100 lantai di kawasan Sudirman.

pasal sumber : http://finance.detik..com/read/2012/…-dunia?9911012

Komentar»

1. condhescommunity - Januari 12, 2012

amen🙂

2. Gandi R. Fauzi - Januari 13, 2012

Apa ga pemborosan ya…??? Kunjungan Balik,😀

imsfly - Januari 13, 2012

ga lah, itukan yang buat pengusaha bukan negara, jadi uangnya BUMN dikorupsi terus, hehehhe

3. Rangga saputra - Januari 13, 2012

Mudah2an jadi amin😀

imsfly - Januari 13, 2012

amen juga, paling ujung2nya terkendala biyaya juga, wkwkkw

4. abi_gilang - Januari 13, 2012

Asal jangan sampai menghasilkan koruptor no-1 di dunia he he he

imsfly - Januari 13, 2012

kalau ga salah indonesia negera 5 koruptor terbanyak aku pernah baca, parah ya…?

5. Mila - Januari 13, 2012

pastinya akan sangat membanggakan rakyat Indo🙂

imsfly - Januari 13, 2012

pastinya amen …. semoga saja ga terkendla biyaya lagi, heheh

6. Asop - Januari 23, 2012

Semoga daya dukung lahan di Indonesia masih kuat ya…😦

imsfly - Januari 23, 2012

semoga aja gan, gw juga ikut berharap,,,,,

7. fie qwyn - Maret 7, 2012

aminn…..mudah2an aja
balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: